Wednesday, May 18, 2011

Kuliner Populer di Aceh



Kalo singgah ke Aceh, pasti belum lengkap kalo belum nyobain masakannya yang khas. Sajian dari Nanggroe Aceh Darussalam ini sarat dengan bumbu dan rempah pekat. Pada umumnya makanan Aceh ini mirip dengan cita rasa masakan India disesabkan oleh pengaruh pedagang dari Gujarat, India, pada zaman dahulu.
Rempah yang sering digunakan dalam membuat masakan adalah daun salam koja. Kalau bahasa Acehnya oen Teumurui :)

Beberapa kuliner populer di Aceh yang wajib dicoba antara lain :

Bubur Kanji

Ini semacam bubur yang isinya nasi, udang, daging ayam, dan sayur sayuran yang dikolaborasikan dengan bumbu bumbu lainnya. Setelah itu di taburin bawang goreng di atasnya.
Biasanya kuliner ini marak dan eksis pas bulan puasa.




Timphan

Timphan adalah kue paling terkenal di Aceh. Kue ini dibuat dari pisang yang dicampurkan dengan tepung kemudian di isi dengan kelapa ataupun srikaya, di bentuk jadi persegi panjang, dibalut dengan daun pisang dan akhirnya di ungkep.
Sekarang juga banyak timphan yang dimodifikasi dengan menggantikan pisang dengan labu.
kalo timphan yang isinya kelapa, disebut Timphan U. Kalo yang isinya srikaya, disebut Timphan Asokaya.


Keumamah

Keumamah adalah ikan tongkol kering yang dipotong potong dan di masak dengan bumbu bumbu khas Aceh sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas.
Keumamah biasanya dimakan bersama dengan nasi sebagai lauk.



Gulee Sie Kameng

Atau dalam bahasa indonesianya di sebut dengan kari kambing. Biasanya di warung warung di Banda Aceh, kuliner ini disajikan bersama dengan nasi dan es mentimun serut untuk mengimbangi kadar kolesterol. 


Kuah Pliek U

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kuah pliek u ini adalah kelapa yang sudah dibusukkan kemudian di jemur hingga berwarna coklat. Selain itu bahan lain seperti melinjo, pepaya, nangka, kacang panjang, daun melinjo, santan, cabe rawit, ketumbar dan lain lain juga digunakan untuk menambah cita rasa kuah pliek u. Kuah pliek u ini dimasak sekitar 15 menit di atas api sedang.
pernah baca pendapat orang bilang begini :
"pendatang baru ke Aceh, jangan pernah coba coba kuah pliek u karena nanti gak akan bisa lupa sama cita rasanya, bisa bisa menetap terus di Aceh karena kuliner yang satu ini."


Mie Aceh

Nah kuliner yang satu ini juga sangat populer di Tanoh Rencong. Rakyat Aceh paling gemar makan mie Aceh di waktu senggang. Mie Aceh ini sendiri terbuat dari mie kuning yang ditumis, di rebus atau digoreng dengan bumbu, rempah rempah serta sayur sayuran seperti daun sop, tomat, dan cabe. Juga ada yang menambahkan kepiting, udang dan daging untuk meningkatkan kelezatan mie Aceh ini sendiri.

so thats just some super delicious food original from my hometown, Aceh.
They are worth to try :)

2 comments:

Honey said...

pernah makan mie kepiting, enak banget, banget!

semua kulinernya bikin ngilerrrr....

Sonya Samsul said...

wah kalau begitu datang lagi yaa ke aceh :)

Post a Comment

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com